by Hendry

REGRESI SEDERHANA

Model regresi sederhana dilakukan jika bermaksud meramalkan bagaimana keadaan (naik turunnya) variabel dependen (kriterium), bila ada satu variabel independen sebagai prediktor dimanipulasi (dinaik turunkan nilainya). Persamaan yang diperoleh dari regresi sederhana adalah Y = β0 + β1 X + µ

Contoh sederhana adalah mengenai pendapatan dan pengeluaran Mr. ABC , dengan Y sebagai pengeluaran, dan X sebagai pendapatan, dan µ adalah error.

Tiga model persamaan tunggal yang umum digunakan adalah OLS, ILS, dan 2SLS (Gujarati dan Porter, 2009). Ordinary least square (OLS) merupakan metode estimasi yang sering digunakan untuk mengestimasi fungsi regresi populasi dan fungsi regresi sampel. Kriteria OLS adalah “line best fit” atau jumlah kuadrat dari deviasi antara titik-titik observasi dengan garis regresi adalah minimum. (penjelasan OLS, ILS dan 2SLS secara teknis dapat anda baca di Buku Gujarati dan Porter. 2009. Dasar-dasar ekonometrika. Jakarta : salemba empat).

Oke..langsung ke pokok masalah dan contoh kasus.

Contoh Kasus

Keterangan : Data Fiktif

Mr. X ingin meneliti pengaruh pendapatan yang diterimanya setiap bulan terhadap jumlah pengeluaran rumah tangga. Ia mengumpulkan data pendapatan selama 32 bulan mulai dari Januari 2009 sampai dengan agustus 2011.

Step-Step penyelesaian bisa dilihat disini
Artikel Lengkap bisa didownload disini (PDF 1,1 MB)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab Pertanyaan *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose