29 Januari 2015
Bunghatta.ac.id. Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta selenggarakan pelatihan statistic dengan menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM) dan Lisrel. Pelatihan tersebut di dibuka oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, ikuti oleh seluruh dosen tetap Fakultas Ekonomi, Kamis (29/1) di ruangan sidang Pascasarjana Kampus Proklamator 1, Ulak Karang.Ketua Pelaksana Lindawati,SE menyebutkan, tujuan diselenggarakannya pelatihan tersebut sebagai upaya peningkatan keilmuan dan kemampuan dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta statistic, dengan mendatangkan Hendryadi,SE.,MM, konsultan statistik dan penulis buku.

Dalam pemaparan materinya, Hendryadi menyebutkan, SEM adalah suatu alat statistik yang sangat berguna bagi para peneliti pada bidang ilmu sosial (ekonomi, sosiologi, anthropologi, psikologi, dan lain sebagainya). SEM telah menjadi suatu “keharusan” untuk penelitian non eksperimental, dimana metode untuk pengujian teori belum dikembangkan secara menyeluruh.

Disebutkan juga bahwa, LISREL (Linear Structural Relationship) adalah satu-satunya program SEM yang paling banyak digunakan dan dipublikasikan pada berbagai jurnal ilmiah pada berbagai disiplin ilmu.

“LISREL adalah program SEM yang tercanggih dan yang dapat mengestimasi berbagai masalah SEM, LISREL juga merupakan program yang paling informatif dalam menyajikan hasil-hasil statistik”, jelasnya. (**Indrawadi)

Sumber :disini
Pelatihan SEM UBH Padang

 

FE-UBH Gelar Pelatihan SEM Dengan Lisrel bagi Dosen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab Pertanyaan *