File-New-icon

Kiat Cepat Menulis Skripsi

Oleh : Hendryadi

Dari judul terlihat terlihat jelas bahwa dalam tulisan ini saya akan memberikan kiat-kiat atau tips dalam proses penyusunan skripsi / tesis. Berikut ini adalah penjelasannya :

Tips 1 : Baca, baca dan baca

Untuk dapat menulis dengan baik, maka kita harus banyak membaca. Bacaan yang dimaksud disini adalah contoh skripsi/tesis kakak kelas, jurnal yang dapat diunduh gratis di google scholar, atau jurnal versi cetak yang dapat kita jumpai di perpustaan. Luangkan waktu untuk mencari litelatur, membacanya, dan mengadopsi teknik menulisnya. Kata mengadopsi disini bukan melakukan copy-paste karya orang, tapi mencontoh teknik menulis seperti alur cerita dan sistematikanya.

Tips 2 : Mulai Menulis

Ada tips yang diberikan oleh guru bahasa Indonesia saya ketika masih SD, untuk membuat karangan, pertama-tama kita buat pokok pikirannya. Pokok pikiran ini merupakan sebuah kalimat yang nantinya akan kita kembangkan menjadi satu paragraf. Berikut ini contoh ketika kita akan membuat Latar Belakang pada skripsi atau tesis.

Topik : Profitabilitas, Likuditas dan Harga Saham sektor manufaktur

LATAR BELAKANG

Par 1 : Perkembangan Pasar Modal Indonesia
Par 2 : Pertumbuhan/Perkembangan saham sektor manufaktur
Par 3 : Faktor yang mempengaruhi harga saham
Par 4 : Profitabilitas dan Harga Saham
Par 5 : Likuiditas dan Harga Saham
Par 6 : Riset mengenai Profitabilitas dan harga Saham (Riset mendukung dan menolak sehingga diperoleh gap)
Par 7 : Riset mengenai Likuiditas dan harga saham (Riset mendukung dan menolak sehingga diperoleh Gap Riset)
Par 8 : Tujuan umum riset (untuk menguji ulang karena masih adanya gap)
Par 9 : Kontribusi (nilai dari penelitian ini, kontribusinya untuk menutupi gap)

Perhatikan pokok pikiran pada masing-masing paragraf di atas. Jika kita sudah membuat struktur tulisan seperti itu, maka akan sangat mudah ke tahap selanjutnya, yaitu mengembangkan pokok pikiran tersebut menjadi sebuah paragraf yang utuh. Kita juga bisa melakukan perubahan / mengganti urutan paragraf jika memang perlu dilakukan penyesuaian.

Tips 3 : Hilangkan kata “sulit” dari otak anda

Seringkali, sebelum mulai menulis kita sudah memenuhi otak dengan keluhan “wah susah…”, “kayaknya berat..”..etc. Kalimat-kalimat seperti itu meskipun cuma ada di pikiran akan memberikan sugesti kepada seluruh anggota tubuh untuk meng-amini pikiran. Ada ribuan mahasiswa yang lulus setiap tahun, masa anda bukan salah satunya…? (he.he.he)

Tips 4 : Jangan Malu Bertanya

Kata pepatah dulu, malu bertanya sesat dijalan. Dalam proses penyusunan skripsi / tesis juga berlaku hal demikian. Jangang sungkan untuk bertanya kepada dosen, rekan, atau kakak kelas yang sudah lulus mengenai topik yang ada pilih.

Tips 5 : Jangan Membuat Judul di awal

Membuat judul di awal penulisan akan menyebabkan anda terfokus pada judul. Fokuslah pada masalah yang akan anda teliti, bukan membuat judul, baru kemudian mencari-cari masalahnya. kenali masalah utamanya, baru kemudian anda bisa mencari litelatur mengenai permasalahan tersebut.

Contoh :

Di sebuah perusahaan, banyak karyawan yang mengundurkan diri.  Fenomena ini belumnya menjadi masalah sampai anda tau dampaknya terhadap perusahaan. Misalnya, banyaknya karyawan yang mengundurkan diri karena dikarenakan faktor A, B, C dan D. Lakukan studi pendahuluan untuk mendalami masalah sehingga anda benar-benar yakin bahwa permasalahan yang akan dipecahkan  itu punya manfaat, baik dari segi ilmu pengetahuan maupun dari sisi praktis (untuk perusahaan).

Bersambung ke tips berikutnya…

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab Pertanyaan *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose