Kualitas Pelayanan Bank Syariah

Oleh : Hendryadi

Seperti halnya Bank konvensional, bank syariah juga dihadapi pada ketatnya persaingan di sektor layanan keuangan semenjak mulai banyaknya ekpansi bisnis bank konvensional yang merambah di sektor keuangan syariah. Ketatnya persaingan ini kemudian menjadikan aspek kualitas pelayanan di sektor ini menjadi faktor kunci untuk memenangkan persaingan.

Tidak seperti Perbankan konvensional yang sudah banyak diteliti, kualitas layanan perbankan syariah memiliki karakteristik unik karena memiliki nilai dan budaya berbeda dalam memandang bisnis keuangan ini. Oleh karena itu, alat ukur kualitas pelayanan-pun sampai dengan saat ini masih terus dikembangkan untuk menyesuaikan unsur-unsur layanan yang diberikan oleh perbankan Syariah.

RISET KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH
Kami mengembangkan sebuah instrumen untuk mengukur kualitas layanan Perbankan Syariah yang sudah diujicoba dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Alat ukur ini bernama iBSERVQ yang sudah memasuki tahun kedua pengembangannya. Skala ini memuat 24 item pernyataan yang dikelompokkan menjadi 4 (empat) dimensi layanan meliputi “service portfolio and assurance/SPA”, “tangibles/TAN”, “reliability of communication/RCOM” dan “Islamic values/IVA”.

Tulisan kami yang memuat laporan akhir mengenai riset kualitas pelayanan Bank Syariah sudah dipublikasi pada Jurnal Terakreditasi berikut ini :

Suryani & Hendryadi. (2015). A Developing Model Of Relationship Among Service Quality, Consumer Satisfaction, Loyalty And Word Of Mouth In Islamic Banking. Al-Iqtishad: Vol. VII No. 1, Januari 2015. (Online). Download

Informasi lanjutan hubungi :
Phone : 021 9229 0445
SMS/WA : 0856-9752 3260
Email  : info.teorionline@gmail.com

You might also likeclose