Apakah Tinjauan Litelatur dan Darimana Sumbernya ?

Tinjauan litelatur diperlukan untuk menegaskan landasan teoritis penelitian yang akan dilakukan. Secara garis besar, sumber teori dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu (1) Acuan umum, terutama terdapat pada buku-buku teks, dan (2) Acuan khusus, yang berupa laporan hasil penelitian yang terutama terdapat dalam jurnal profesional.

Tinjauan litelature juga dapat berupa hasil penelitian terdahulu yang diperoleh melalui jurnal penerbitan berkala local maupun internasional. Penelitian terdahulu ini penting digunakan untuk memberikan perbandingan hasil penelitian yang sudah ada dengan penelitian yang akan kita lakukan. Selain itu, penelitian terdahulu dapat digunakan untuk menangkap berbagai perbedaan (pro dan kontra) dari berbagai penelitian sehingga diperoleh gambaran lengkap mengenai permasalahan yang diteliti.

Kegunaan Litelatur Review

Tinjauan litelature memiliki keterkaitan erat dengan kerangka teoritis dan hipotesis yang diajukan. Dengan demikian, litelature review berguna untuk dijadikan landasan teoritis mengenai konsep, desain, serta hasil-hasil penelitian yang sebelumnya sudah pernah dilakukan.

Apa yang diperhatikan dalam Litelature Review
Teori yang dipilih paling tidak harus memenuhi tiga unsur yaitu relevansi, kelengkapan materi dan kemutakhiran.

  1. Relevansi artinya teori yang digunakan sebagai referensi sesuai dengan bidang kajian penelitian.
  2. Kelengkapan berkaitan dengan berbagai pendekatan yang tercermin dalam berbagai teori dalam mempelajari persoalan yang sama.  Dengan demikian, jika terdapat beberapa aliran dalam sebuah pendekatan maka peneliti harus mengemukakan alasan memilih aliran tertentu.
  3. Kemutakhiran berkaitan dengan dimensi waktu. Seperti diketahui, ilmu pengetahuan berkembang dengan cepat dan sebuah teori bisa efektif dalam suatu waktu, maka dapat dianggap tidak efektif lagi di masa sekarang. Oleh karena itu, teori-teori yang dipergunakan hendaknya harus mencakup perkembangan terbaru di bidangnya

Format Penulisan
Litelature review memuat dua komponen yaitu :

  1. Definisi Konsep
  2. Tinjauan Riset (penelitian sebelumnya)

Definisi konsep memberikan penjelasan mengenai berbagai definisi yang berkembang, sedangkan tinjauan riset memuat ringkasan dalam bentuk tabel dengan informasi berupa :

  1. Peneliti (tahun)
  2. Lokasi Penelitian
  3. Variabel Penelitian
  4. Ukuran dan Teknik Sampling
  5. Teknik Analisis Data
  6. Hasil Penelitian
  7. Rekomendasi / Saran Lanjutan

 

Layanan Kami

Layanan Yang Kami Berikan
Selain membuat summary berbagai definisi konsep dari berbagai sumber (buku dan paper), kami juga akan membantu anda mereview 20 – 30 Jurnal internasional dalam bentuk uraian singkat hasil penelitian, keterbatasan dan perbedaan dengan penelitian yang anda lakukan. Seluruh paper / jurnal maupun buku yang digunakan akan diberikan kepada anda dalam bentuk softcopy (PDF) atau Hardcopy

Prosedur Pemesanan dan Biaya

  1. Anda menghubungi kami di SMS/WA : 0857-71600973 / PIN : 571AA32F, atau melalui email di : klik.statistik@gmail.com. Sertakan informasi mengenai topik dan tengat waktu yang anda berikan kepada kami.
  2. Kami akan mengkonfirmasi apakah paper yang dimaksud tersedia (termasuk ketersediaan buku), biaya serta kesanggupan kami memenuhi tengat waktu yang anda minta.
  3. Jika poin 2 dikonfirmasi, maka proses pengerjaan akan dilakukan.
  4. Setelah pengerjaan selesai, kami akan mengirimkan preview hasil summary kepada anda beserta no.rekening pembayaran.
  5. Setelah anda mengkonfirmasi pembayaran, maka seluruh file termasuk sumber referensi akan dikirimkan melalui email atau JNE untuk sumber buku yang digunakan.
  6. Jumlah halaman 25 – 50 (sesuai dengan banyaknya sumber referensi yang kami ajukan)
  7. Estimasi biaya antara 250k / topik atau variabel

Agreement

  1. Tidak semua permintaan bantuan penyusunan yang bisa kami penuhi. Hal ini terkait dengan ketersediaan referensi (jurnal dan buku) serta tengat waktu yang diberikan kepada kami.
  2. Seluruh tulisan yang dipesan adalah baru. Kami baru akan menyusun tulisan dan mencari litelature setelah ada permintaan.  Oleh karenanya, meskipun ada topik yang diminta memiliki kesamaan dengan project kami sebelumnya, kami pastikan bahwa sumber buku maupun paper yang digunakan berbeda.
  3. Kami menggunakan sumber kutipan yang secara fisik kami miliki (buku, paper, etc)
  4. Tulisan yang kami buat hanya berupa draft. Anda disarankan untuk memodifikasi (menambah atau mengurangi) dengan kalimat dan gaya penulisan anda sendiri
  5. Seluruh sumber referensi akan diberikan kepada anda. Disini, kami hanya bertindak membantu anda mencari, merangkum, dan membuat draft awal.
  6. Layanan ini hanya berlaku untuk mahasiswa S2-S3. Alasan ini didasarkan pada pertimbangan bahwa mahasiswa pada strata ini umumnya sudah bekerja memiliki keterbatasan waktu untuk melakukan pencarian litelatur.

 

Info lanjutan silahkan Hubungi :

Hendry

SMS/WA : 0857-71600973
PIN : 571AA32F
Email di : info.teorionline@gmail.com

 

Litelature Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab Pertanyaan *

You might also likeclose