Penelitian diawali dengan langkah pemilihan topik penelitian, yang kemudian didukung dengan pengumpulan data awal. Topik penelitian diartikan sebagai kejadian atau peristiwa (fenomena) yang akan dijadikan sebagai lapangan penelitian. Bagian ini khusus untuk anda yang belum memiliki ide untuk penelitian anda. Bagaimana memilih tema yang menarik, simak beberapa saran berikut :

Menentukan Wilayah Topik Penelitian

Tentukan tema yang akan anda ambil berdasarkan disiplin ilmu, ketertarikan, minat, dan yang anda kuasai. Manajemen Pemasaran dapat diambil kajian mengenai : Kebijakan Pelanggan dan pelayanan, Pemasaran jasa, Perencanaan Pemasaran, Kualitas Layanan, Internal Marketing, Politik pemasaran dan konsep pemasaran, Paradigma bauran pemasaran, Relationship Marketing, Saluran pemasaran dan strategi pemasaran, dan lain sebagainya.

Di bidang ekonomi Islam, beberapa tema seperti dasar-dasar Keuangan Islam, Struktur Peraturan, investasi syariah, Tata kelola perusahaan Lembaga Syariah, Penataan sekuritisasi Islam, Perbankan Islam, Takaful dan asuransi syariah, Proyek keuangan Islam, dan lain sebagainya.

Mendikusikan Topik Dengan Pihak Lain

Berdiskusi dengan promotor / pembimbing dapat membantu anda untuk memperoleh gambaran singkat mengenai topic yang akan anda ambil. Dalam konteks organisasi, seorang calon peneliti dapat langsung mendiskusikan permasalahan yang terjadi dengan pihak-pihak terkait seperti manager pemasaran (untuk mendiskusikan permasalahan seputar pemasaran), manager SDM (untuk menemukan permasalahan seputar SDM), dan lain sebagainya.

Mengidentifikasi Permasalahan

Identifikasi masalah merupakan langkah awal untuk memformulasikan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang akan anda ajukan dalam rumusan masalah. Identifikasi masalah membantu anda untuk mengenali situasi tertentu yang dikenali sebagai masalah.

Contoh 1 :
Manager HRD PT. ABC mengeluhkan terlalu tingginya angka turnover karyawannya. Tingginya angka turnover dapat langsung kita kenali sebagai masalah karena dapat menimbulkan banyak kerugian bagi perusahaan, mulai dari biaya rekrutment, pelatihan, penyesuaian karyawan baru, dan berbagai hal lain terkait praktik manajemen sumber daya manusia.

Kita dapat memulai mengidentifikasi permasalahan ini dari pertanyaan :
Berapa tinggi tingkat turnover karyawan ?
Bagaimana karakteristik karyawan yang mengundurkan diri ?
Apa efek yang paling merugikan perusahaan dari situasi ini ?
Apa yang sudah dilakukan untuk mencegah ?
Apa saja alasan yang digunakan karyawan pada surat pengunduran dirinya ?
Apakah mereka mengundurkan diri karena ada tawaran kerja dari pihak lain ?
Dan lain sebagainya.

Mencari Litelature Pendukung

Melakukan pencarian litelature awal penting dilakukan untuk memastikan bahwa penelitian yang akan anda lakukan memiliki kecukupan sumber litelature dari buku, paper, artikel atau sumber lainnya.

Pertimbangan Akhir Pemilihan Topik

Pertimbangan dalam memilih topic penelitian antara lain jangkauan kemampuan peneliti (manageable topic), data dari topik mudah diperoleh (obtainable data), topik cukup penting untuk diteliti (significance of topic) dan topik yang menarik untuk diteliti (interested topic).

Sudah menemukan topic yang menarik ?? lanjutkan ke pembuatan Draft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab Pertanyaan *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose