SELAMAT DATANG DI TEORI ONLINE. Call : 021 - 9229 0445 or 0856 9752 3260

Menentukan Ukuran Sampel Sederhana

Beberapa pendapat ahli mengenai ukuran sampel adalah sebagai berikut :

Gay dan Diehl (1992) berpendapat bahwa sampel haruslah sebesar-besarnya. Pendapat Gay dan Diehl (1992) ini mengasumsikan bahwa semakin banyak sampel yang diambil maka akan semakin representatif dan hasilnya dapat digenelisir. Namun ukuran sampel yang diterima akan sangat bergantung pada jenis penelitiannya.

  1. Jika penelitiannya bersifat deskriptf, maka sampel minimunya adalah 10% dari populasi
  2. Jika penelitianya korelasional, sampel minimunya adalah 30 subjek
  3. Apabila penelitian kausal perbandingan, sampelnya sebanyak 30 subjek per group
  4. Apabila penelitian eksperimental, sampel minimumnya adalah 15 subjek per group

Tidak jauh berbeda dengan Gay dan Diehl, Roscoe (1975) juga memberikan beberapa panduan untuk menentukan ukuran sampel yaitu :

  1. Ukuran sampel lebih dari 30 dan kurang dari 500 adalah tepat untuk kebanyakan penelitian
  2. Jika sampel dipecah ke dalam subsampel (pria/wanita, junior/senior, dan sebagainya), ukuran sampel minimum 30 untuk tiap kategori adalah tepat
  3. Dalam penelitian mutivariate (termasuk analisis regresi berganda), ukuran sampel sebaiknya 10x lebih besar dari jumlah variabel dalam penelitian
  4. Untuk penelitian eksperimental sederhana dengan kontrol eskperimen yang ketat, penelitian yang sukses adalah mungkin dengan ukuran sampel kecil antara 10 sampai dengan 20

Slovin (1960) menentukan ukuran sampel suatu populasi dengan formula

n = N/N(d)2 + 1

n = sampel; N = populasi; d = nilai presisi 95% atau sig. = 0,05.

Misalnya, jumlah populasi adalah 125, dan tingkat kesalahan yang dikehendaki adalah 5%, maka jumlah sampel yang digunakan adalah :

N = 125 / 125 (0,05)2 + 1 = 95,23, dibulatkan 95

Frankel dan Wallen (1993:92) menyarankan besar sampel minimum untuk :

  1. Penelitian deskriptif sebanyak 100
  2. Penelitian korelasional sebanyak 50
  3. Penelitian kausal-perbandingan sebanyak 30/group
  4. Penelitian eksperimental sebanyak 30/15 per group

Ukuran Sampel berdasarkan Teknik Analisis
Untuk analisis faktor, ukuran sampel yang direkomendasikan adalah tidak kurang dari 50 observasi, dan disarankan ukuran sampel 100 atau lebih. Sebagai aturan umum, beberapa peneliti merekomendasikan rasio 10:1 or 20-1 kasus untuk setiap variabel (Hair, dkk, 2006:98-99). Hal ini dimaksud adalah jika item kuesioner dirancang sebanyak 20 item, maka ukuran sampel minimal adalah 20 x 10 = 200.

Untuk analisis regresi, disarankan adalah 15 – 20 observasi per independen variabel (Hair, dkk, 2006:166), selanjutnya dijelaskan bahwa ukuran sampel dapat mengurangi batas penerimaan loading faktor pada item. Contohnya, untuk 100 responden, maka loading faktor sebesar 0.55 atau lebih dapat dianggap signifikan. Sedangkan untuk loading faktor 0.30 dapat dianggap signifikan untuk ukuran sampel 350 atau lebih.

Untuk analisis diskriminan, banyak peneliti menyarankan menggunakan rasio 20x jumlah variabel prediktor (Hair, dkk, 2006:258).

 

Catatan Perbaikan :
Atas koreksi dari salah satu pembaca, pendapat Malhotra (1993) yang kebetulan saya kutip dari sebuah buku Riset Pemasaran terbitan lokal. Saya melakukan cross-check dan tidak menemukan pendapat yang dimaksud, sehingga saya putuskan untuk menghapus kalimat tsb. Thanks atas koreksi dari mbak Dita.

Populasi dan Sampel

 

Referensi :

Fraenkel, J. & Wallen, N. (1993). How to Design and evaluate research in education. (2nd ed). New York: McGraw-Hill Inc.

Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992), Research Methods for Business and. Management, MacMillan Publishing Company, New York

Hair, J.F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. anderson, R.L.Tatham, (2006). Multivariate Data Analysis, 6  Ed., New Jersey : Prentice Hall

Slovin dikutip dari Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung : Alfabeta. p :65

Roscoe dikutip dari Uma Sekaran. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat. p :

 

Bacaan yang direkomendasikan :

Krejcie, R. V., & Morgan, D. W. (1970). Determining sample size for research activities. Educational and Psychological Measurement, 30, 607-610.

Keith P. Lewis. 2006. Statistical Power, Sample Sizes, and the Software to Calculate Them Easily. BioScience, Vol. 56, No. 7 (July 2006), pp. 607-612

Luis Saldanha and Patrick Thompson. 2003. Conceptions of Sample and Their Relationship to Statistical Inference. Educational Studies in Mathematics, Vol. 51, No. 3 (2002), pp. 257-270

Richard J. Harris and Dana Quade. 1992. The Minimally Important Difference Significant Criterion for Sample Size. Journal of Educational Statistics, Vol. 17, No. 1 (Spring, 1992), pp. 27-49

54 Responses to Menentukan Ukuran Sampel Sederhana

  1. dewi says:

    selamat malam pak, Frankel dan Wallen (1993:92) itu dibuku apa ya pak?
    skripsi saya tentang pajak, menggunakan metode deskriptif-analitis dgn pendekatan studi kasus, itu meniliti wajib pajak. dalam satu kpp wpnya mencapai ratusan ribu, yg mau saya tanyakan, apakah tepat saya respondennya 100 mengikuti metode dari Frankel dan Wallen (1993:92)?
    terimakasih pak sebelumnya :)

    • hendry says:

      Fraenkel, J. & Wallen, N. (1993). How to Design and evaluate research in education. (2nd ed). New York: McGraw-Hill Inc.
      Fraenkel and Wallen’s argument “minimum of 100 is recommended for descriptive studies,…..”
      Jika tujuannya hanya untuk deskriptif..gak masalah…

  2. Andreas says:

    kalau saya mau pakai SEM (dengan software SmartPLS), minimal jumlah sampel brapa ya pak? Saya pakai 5 buah variabel, penelitian saya tentang Pengaruh Supply Chain Management, Total Quality Management, Information Sharing, dan Collaboration terhadap Kinerja Perusahaan. Target penelitian saya di Jawa. Thank you.. :)

  3. muzaki says:

    Saya mau tanya, kalau penelitian yg dilakukan untuk meneliti hubungan antara pendapatan dengan tingkat kepuasan petani terhadap kemitraan pada perusahaan x. untuk sample itu kan harus yang bermitra dengan perusahaan tersebut, kalau jumlah petani yang bermitra hanya 20 apakah bisa untuk dijadikan sample dan dihitung seberapa besar hubungannya misalnya dengan SPSS

  4. fikar says:

    pak, saya mau tanyak,penelitian yang saya gunakan adalah total sampling 32 orang.. hasil yang saya dapatkan setlah saya menganalisa dengang mengunakan spss smua variable saya tidak berhubuangan.. yang ingin saya tanyakan pak, apa minimnya sampel bsa mempengaruhi hubungan atau tidak ada hubungan pak?? terima kasih pak..

  5. Ayu says:

    Siang Pak, saya mau tanya kalau untuk penelitian deskriptif thesis saya menggunakan metode survei dengan populasi +/- 6000 orang, apakah memungkinkan mengambil sample sebesar 100 orang sesuai teori yang ada?

    • admin says:

      bisa saja mbak…terlebih jika penelitiannya deskriptif…

      • m Thomas says:

        siang pak, saya mau tanya..jika populasi penelitian 6.652 dan bersifat analisis deskriptif , maka berapa kira2 sampelnya pak, terus rumus apa yang digunakan….
        mohon bantuannya pak…
        terima kasih

  6. Ratih says:

    Selamat Pagi Pak..
    Pak, saya sedang menyusun skripsi, sampelnya 32 (total sampling) dan menggunakan path analysis. sebenarnya minimun sample utk path analysis brp ya pak? apa boleh 32? :)
    Terimakasih banyka Pak.

  7. Qhorryna Melyani Rais says:

    Selamat Pagi Pak..
    Pak, saya sedang menyusun skripsi, sampelnya hanya 7 atau 8 (total sampling) dan menggunakan multiple regression. sebenarnya saya tau kalau min.sample 30 data. tp dgn acuan table durbin min.6 dan data masih bisa diproses. Ada kah teori yang bisa memperkuat skripsi saya yang dengan minimum sampling 7 atw 8 ini? temukan argumen tentang digunakannya statistik parametrik untuk mimimum sampling 7 atau 8 data?
    Terimakasih banyak Pak.

    Read more http://teorionline.net/menentukan-ukuran-sampel-menurut-para-ahli/

    • admin says:

      angka 30 itu didasarkan pada teori limit pusat..yang mengasumsikan bahwa sampel 30 sudah mendekati normal…
      untuk nonparametrik yang tidak terikat dengan asumsi normalitas..tidak ada aturan khusus ukuran sampel (kecuali didasarkan pada hal-hal teknis seperti yang anda sebutkan diatas)..
      thanks

  8. Teuku Firza Fahmi says:

    Siang pak..
    Pak, saya sedang menyusun skripsi tentang audit, dengan uji analisis regresi berganda tapi jumlah populasi auditornya tak diketahui. bagaimana cara menentukan jumlah sampelnya pak? sebaiknya berapa jumlah sampel yang harus saya ambil?
    Terima kasih pak.

  9. Auliea says:

    objek penelitian sya adalah wajib pajak badan. Sya tidak tahu pasti populasinya berapa untuk tahun 2012. Untuk tahun 2010 sudh mencapai 9500. sya menggunakan accidental sampling dengan uji regresi sederhana. kira” sampel minimal untuk penelitian sya berpa pak? kemarin sya sudah menyebar kuesioner sebanyak 100, namun hanya 70 yg terisi. dari 70 kuesioner trsbt data outliers yg hrus d drop adha 8. jd sampel sya hanya 62. apakah 62 sampel tersebut sudah dpt mewakili populasi atau sya harus menambah sampel lg pak? terima kasih

  10. andri says:

    siang pak, saya mau tanya tentang jumlah sampel untuk uji validitas berapa orang, apabila jumlah sampel penelitian saya 20 orang (ekskperimental)?? terus sumbernya dari mana ?? terimakasih

    • admin says:

      uji validitas dengan analisis faktor minimal sampel adalah 50 observasi, dan disarankan 100 atau lebih besar. (Hair,et.al, 2006:98-99)

  11. Kukuh says:

    Assalamu’alaikum Pak,
    saya mau tanya apakah accidental sampling bisa digunakan untuk analisis regresi berganda?
    apa referensi bukunya,
    terima kasih.

    • admin says:

      walaikumslm..
      accidental sampling itu masuk kategori nonprobability…
      no problem jika menggunakan regresi ganda…anda dapat lihat penelitian2 keuangan yang rata-rata pake purposive sampling (nonprobability juga)..dan dianalisis dengan regresi…

  12. Icu says:

    Malam Pak,

    Saya mau konsul..
    Penelitian saya studi pengaruh 2 variabel, thd dosen di fakultas x, analisis regresi sederhana, 9 hipotesis penelitian.
    Jumlah populasi penelitian hanya 38 org.

    Saya berencana mengadopsi kuesioner dari penelitian sebelumnya milik dosen (yg dilakukan 2012). Kebetulan variabel & subjek penelitian sama (dosen).
    Tentunya tetap ada penyesuaian minor yang dilakukan thd item kuesioner, karena univ. lokasi penelitian berbeda.

    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Dengan jumlah 38 org apakah tetap bisa digunakan analisis regresi sederhana, pengaruh antara 2 var? Dan apakah valid utk menguji 9 hipotesis penelitian?
    2. Apakah saya tetap perlu melakukan uji validitas & reliabilitas thd alat ukur tsb?
    2. Jika harus try out alat ukur, karena jumlah subjek penelitian saya sangat terbatas (populasi 38 org), bgmn solusi untuk responden try outnya?
    Misal : Apa memungkinkan jika try out sy lakukan thd dosen di fakultas lain (mengingat karakteristiknya mirip), atau ada alternatif cara lain yang lebih tepat?

    Jika memungkinkan, mohon bantuan referensi bukunya yg menunjang Pak..
    Akan sangat membantu untuk penelitian saya

    Terima kasih banyak sebelumnya
    Salam hangat

    • admin says:

      1. bisa
      2. ya.
      3. ujicoba bisa mengambil keseluruhan sampel.pertimbangannya jelas karena kemudahan (berada dalam satu lokasi) dan jumlahnya juga relatif sedikit. Jadi..saya sarankan ambil semuanya untuk ujicoba

      thanks

  13. Inung says:

    Pak Saya mau nanya, kalau saya mau melakukan survei terhadap tingkat persepsi masyarakat terhadap standardisasi metode apa yang harus saya gunakan…dan dengan luas wilayah indonesia yang begitu besar bagaimana menentukan sampelnya.

    terimakasih

  14. Dewi says:

    Permisi pak saya mau tanya.
    Saya masih kesulitan dalam menentukan jumlah sampel saya.
    Penelitian saya adalah komparatif antara mahasiswa magang dan mahasiswa tidak magang. Dengan populasi angkatan 2009. Namun saya tidak mendapatkan jumlah yang pasti berapa jumlah mahasiswa magang dan berapa jumlah mahasiswa yang tidak magang pada angkatan 2009 tersebut.

    Jadi menurut Bapak, bagaimana saya dapat menentukan jumlah sampelnya.

    Apakah bisa dengan mengacu pada bahwa penelitian komparatif sampel minimalnya 30 per grup?
    Sangat diharapkan jawaban dari bapak. terimakasih banyak..

    • admin says:

      bisa juga seperti itu…tapi ada banyak cara lain untuk menentukan besar sampel untuk membandingkan rata-rata dua kelompok..
      hanya saja ukurannya akan menjadi cukup besar..(lihat Lwanga dan Lemeshow. SAMPLE SIZE DETERMINATION IN HEALTH STUDIES. A Practical Manual..bisa di googling pdf nya)

  15. Anissa says:

    kalo misal saya ingin meneliti tentang perbandingan pasien tipe A dan tipe B di satu Rumah sakit, tetapi karena populasi di pasien rumah sakit tersebut belum mencapai 30 untuk perawatan tertentu bagaimana menurut bapak? nah kalo misal sample tipe A dan tipe B itu jumlah samplenya tidak sama itu bagaimana pak?
    terima kasih sebelumnya,, :)

  16. Desy says:

    maaf pak,,sy mau nanya.judul skripsi sy tentang pengaruh.dan sy mngambil 1 sekolah.dmn populasix hanya trdapat 25 org sj.otomatis smpelnya di ambil dri kseluruhan populasi.smntara kriteria pnelitian minimum 30 org.bgmn pndapat bpk?teori apa yg akan memperkuat akan sampel yg akan sy ambil trsebut??
    trima ksih pak…

  17. Andini says:

    selamat siang pak,,, saya ingin menanyakan , bahwa penelitian saya memiliki jumlah sampel 84 orang,, jadi bagaimana cara untuk menghitung nya??? apakh sampel nya di ambil semua??

    mohon balasannya,, trims :)

  18. NURHENY says:

    Mohon informasi dan masukannya pak.
    skripsi saya jumlah populasinya hanya 15 orang. yaitu meneliti hubungan antara pemberian kesejahteraan dengan motivasi kerja karyawan di perusahaan X.
    yang saya tanyakan:
    1. sebaiknya metodologi penelitiannya menggunakan apa? Parametrik/non parametrik?
    2. cara menghitung sampelnya bagaimana?
    masukan bapak sangat saya butuhkan..
    Trimakasih atas bantuannya..

    • admin says:

      jika terbatas seperti itu bisa menggunakan parametrik dengan desain quasi eksperiment (pre post)..misal dengan meneliti perbedaan motivasi sebelum dan sesudah pemberian kesejahteraan..
      sampelnya bs digunakan seluruhnya…
      thanks atas kunjungannya…

  19. novall says:

    Mohon bantuannya,
    Saya mau meneliti tentang analisis perbandingan antara sistem pemberian kredit di bank konv dan bank syariah. Didaerah saya bank yang akan saya teliti masih sedikit, jumlah pemroses kredit dalam 1 bank kemungkinan cuma 8 orang, jadi pertanyaan saya :

    1. Metode penelitian apa yang saya gunakan untuk penelitian saya -ini.
    2. Dari minimnya jumlah bank yang ada di sini berapa jumlah —sample minimal yang akan saya teliti,

    Mohon balasannya, terima kasih.

  20. annisa says:

    Selamat Malam Pak, skripsi saya berjdl hubungan iklim org dengan kepuasan kerja karyawan. Populasi dalam penelitian saya ini ada 10 orang saya menggunakan kuesioner dari penelitian sebelumnya yg sdh di publish ke dlm buku/jurnal dr teori mengenai jdl skripsi sy tsb, yg ingin saya tanyakan adl :
    1. apakah saya tetap perlu menguji validitas? wlupun penelitian sy brdsrkan populasi (bkn sampel), dan kuesioner yg sy pakai pun sdh teruji validitasnya krn seringkali digunakan utk penelitian oleh para ahli. Jika tidak perlu, apakah ada teori atau buku yg mendasarinya?
    2. lalu sy menggunakan skala likert dlm mengolah kuesionernya, utk variabel kesatu sy menggunakan empat indikator (sts,ts,s,danss) sedangkan variabel kedua saya memakai lima indikator (sts,ts,n,s,dan ss), apakah perbedaan indkator ini blh digunakan atau tidak? apa teori atau buku yg mendasarinya.

    Atas jawaban dan informasinya, terima kasih.

  21. lina says:

    Selamat siang,

    Mohon bantuannya, saat ini saya sedang menyusun penelitian di hotel. Dikarenakan keterbatasan populasi di hotel tempat saya meneliti, maka saya akan melaksanakan try out alat ukur di populasi diluar tempat penelitian saya tersebut (supaya tidak ada efek belajar). Yang ingin saya tanyakan, seberapa jauh kemiripan karakteristik populasi yang harus saya cari sebagai responden try out? apakah ada sumber referensi yang bisa saya baca terkait hal ini?

    terima kasih…

  22. ilham says:

    selamt malam
    pak saya lagi skripsi mau tanya, saya mengunakan 5 variabel jumlah totalnya 57 orang samapelnya minimal 30 orang bagaimana cara quisionernya pak terimaksih sblmnya

  23. cut salsa mutia rahmadani says:

    Asslamualaim, saya icut sedang mnjalankan penelitian tentang hubungan sense of humor dengan stres akademik pada siswa akselerasi. Dan hanya ada 29 sempelnya, baiknya saya pake analisis apa yaa. Makasi

  24. wayan says:

    selamat malam..
    saya sedang skripsi pak..
    apa boleh saya minta ebook atau fotocpy dari buku “Gay dan Diehl” yang menjelaskan tentang batas minimal pengambilan sampel 30 pak??

    • hendry says:

      silahkan browsing di halaman google book…
      sebagai catatan…rujukan tentang ukuran sampel dari Gay n Diehl ini sudah jarang sekali digunakan…
      silahkan cek paper2 rujukan yang sya barikan di akhir tulisan

  25. dita says:

    pagi pak
    saya sedang mengerjakan skripsi
    saya tertarik dengan rumus sampel accidental malhotra yg jumlah sampel hanya dikali 5 jumlah variabel.
    kalau boleh tahu apa memang itu rumusnya? kalau ada halaman berapa ya pak?
    saya mencari dibuku asli malhotra/yg terjemahan tidak ada rumus itu.
    makasih pak

    • hendry says:

      Saya mengutip pendapat tsb dari sebuah buku riset pemasaran terbitan lokal. Setelah saya lakukan cross-check atas pertanyaan mbak (saya juga kebetulan punya terbitan aslinya)..dan sayapun tidak menemukan pernyataan dimaksud. Jadi..artikel ini saya perbaiki.Thanks atas info dan koreksi dari mbak dita…

  26. Nieta says:

    siang pak
    saya sedang skripsi,, saya meneliti tentang penilaian konsumen mengenai 2 produk.
    pada penelitian saya tersebut mengharuskan responden pernah menggunakan 2 produk tersebut, jadi saya harus memilih-milih responden yang cocok. bagaimana saya menentukan jumlah sampelnya pak?

  27. indah says:

    assalamualaikum. .
    pak, saya sedang skripsi dan mengambil perpajakan. responden saya adalah PKP. dengan menggunakan rumus slovin, saya memperoleh jumlah sampel sebanyak 95 responden. apakah saya harus memenuhi jumlah tsb? mengingat PKP yang menjadi responden saya tidak semua nya melakukakn pembayaran pajak sendiri, melainkan diwakilkan ataupun dengan menggunakan jasa konsultan maupun kurir. terlebih pihak KPP hanya memberikan ijin untuk melakukan riset di TPT sehingga penyebaran kuesioner kurang optimal. apakah hal tsb dapat saya jadikan alasan untuk menggunakan sampel min 30??
    pak, mohon pencerahannya..sekarang saya sudah mempunyai 50 kuesioner yg terisi,
    terima kasih
    wassalam

  28. morgan wikanto says:

    malam pak.
    saya mau minta masukan dari bapak. saya sedang menyusun penelitian tentang hubungan stres kerja dengan kepuasan kerja pada perawat diruang IBS rumah sakit A. dan jumlah perawatnya hanya 20. saya ambil total sampling. untuk penelitiannya menggunakan korelasional. apa mungkin hasilnya bisa sesuai yang semestinya apa bagaimana pak?
    saya mhon masukannya. tmksh pak

  29. Aini says:

    Salam,
    mau bertanya mas, kebetulan saya sdg menyusun skripsi, yang mau di tanyakan adakah aturan terkait sampel atau subjek yang dibutuhkan untuk try out atau uji coba skala,, saya pernah dengar minimal bisa di ujicobakan pada 30 orang sudah cukup mewakili namun ada juga yang 20% dari jumlah sampel yang akan diteliti,,yang benar yang mana ya mas, atau ada teori yang lebih benar dalam menyebutkan hal yang saya tanyakan di atas,, terimakasih…

    • hendry says:

      30 itu terkait dengan teori limit pusat,,,
      Sebenarnya..jika ditujukan untuk menguji validitas dan reliabilitas kuesioner diperlukan paling tidak 5x jumlah item sebagai responden…dan ini juga sejalan dengan ukuran sampel untuk analisis faktor sebagai teknik uji validitas konstrak..

  30. William says:

    Selamat malam pak,
    saya meneliti menggunakan PLS dengan analisa jalur.. saya berharap pengembalian kuesioner yg saya dapat 60-70 kuesioner, jd berapa jumlah kuesioner yang harus disebar ya pak?
    apakah ada perhitungan mengenai jumlah kuesioner yang harus disebar?
    terima kasih pak

    • hendry says:

      Berapa yang akan disebar akan bapak ketahui jika melakukan penelitian pendahuluan or pada saat ujicoba kuesioner..
      dari situ akan ketahuan berapa persen pengembalian kuesioner sehingga dapat dijadikan dasar penyebaran kuesioner selanjutnya…

  31. Sukarni Buyung says:

    Slm, mhn izin nanya mas, jmlh sampel sy 400, tapi setelah angkat sy analisis yg dpt d olah hanya 389, apa msh bole sy lanjutkan kalau boleh ada ndak referensinya mas, slm

  32. Sukarni Buyung says:

    Mlm pk, sy mau konsul, jmlh sampel sy 400, setelah angket sy cek yg layak d analisis hanya 389, apakah mmlh tsb boleh ssya teruskan, apa ada referensibya , mks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 + = 6

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose
Creative Commons License
Articles published in teorionline by http://teorionline.net/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://teorionline.net/.