Penelitian di mulai dari permasalahan yang terjadi di lapangan. Dalam konteks ini, diperlukan studi pendahuluan untuk menentukan problematika yang terjadi di lapangan sebagai dasar pelaksanaan sebuah penelitian akademik maupun bisnis. Kali ini, teorionline yang diwakili oleh Hendryadi membantu dua kandidat doktor dari salah satu universitas swasta di Jakarta untuk melakukan pemetaan masalah yang terjadi dalam tatanan praktis melalui serangkaian kegiatan focus group discussion (FGD).

FGD teorionline

Pendekatan yang dilakukan adalah diskusi interaktif dan pengisian kuesioner. Teknik analisis menggunakan validitas konten dengan formula Aiken’s V untuk mengetahui derajat kepentingan dari tiap-tiap permasalahan yang diajukan. Berdasarkan hasil diskusi disimpulkan bahwa permasalahan yang paling mendasar terjadi di lapangan berdasarkan skor koefisien validitas konten adalah komitmen, kepemimpinan, budaya organisasi, komunikasi, pelatihan dan pengembangan. Kelompok kedua yaitu permasalahan yang dianggap cukup penting (koefisien 0.81 s/d 0.90) adalah struktur organisasi, pemberdayaan dan kondisi kerja. Di kelompok ketiga yang memiliki nilai koefisien 0.71 s/d 0.80 adalah motivasi dan kompetensi.

 

Hendryadi (teorionline)

 

Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab Pertanyaan *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose