TEORI ONLINE Research and Training. Call : 021 - 9229 0445 or 0856 9752 3260

Tinjauan Teoritis

Tinjauan Teorititis

Oleh : Hendry

Tinjauan teori diperlukan untuk menegaskan landasan teoritis penelitian yang akan dilakukan. Secara garis besar, sumber teori dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu (1) Acuan umum, terutama terdapat pada buku-buku teks, dan (2) Acuan khusus, yang berupa laporan hasil penelitian yang terutama terdapat dalam jurnal profesional.

Teori yang dipilih paling tidak harus memenuhi tiga unsur yaitu relevansi, kelengkapan materi dan kemutakhiran.

Relevansi artinya teori yang digunakan sebagai referensi sesuai dengan bidang kajian penelitian.

Kelengkapan berkaitan dengan berbagai pendekatan yang tercermin dalam berbagai teori dalam mempelajari persoalan yang sama.  Dengan demikian, jika terdapat beberapa aliran dalam sebuah pendekatan maka peneliti harus mengemukakan alasan memilih aliran tertentu.

Kemutakhiran berkaitan dengan dimensi waktu. Seperti diketahui, ilmu pengetahuan berkembang dengan cepat dan sebuah teori bisa efektif dalam suatu waktu, maka dapat dianggap tidak efektif lagi di masa sekarang. Oleh karena itu, teori-teori yang dipergunakan hendaknya harus mencakup perkembangan terbaru di bidangnya.

Tinjauan litelature juga dapat berupa hasil penelitian terdahulu yang diperoleh melalui jurnal penerbitan berkala local maupun internasional. Penelitian terdahulu ini penting digunakan untuk memberikan perbandingan hasil penelitian yang sudah ada dengan penelitian yang akan kita lakukan. Selain itu, penelitian terdahulu dapat digunakan untuk menangkap berbagai perbedaan (pro dan kontra) dari berbagai penelitian sehingga diperoleh gambaran lengkap mengenai permasalahan yang diteliti.

Tinjauan litelature memiliki keterkaitan erat dengan kerangka teoritis dan hipotesis yang diajukan. Sebagai sebuah kegiatan ilmiah, penelitian yang ditujukan untuk memahami dan menyelesaikan suatu masalah harus juga didasarkan pada cara ilmiah. Cara ilmiah dalam memecahkan suatu masalah pada hakikatnya adalah menggunakan pengetahuan ilmiah sebagai dasar argumentasi dalam mengkaji persoalan sehingga menghasilkan jawaban yang dapat diandalkan.

Materi Referensi :

Jujun S. Suriasumantri. 2003. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan

**Tulisan ini sudah pernah saya Publish di http://teorionline.wordpress.com/

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 − 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose