UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN DENGAN SPSS 15

Oleh : Hendryadi

PENDAHULUAN

Pendekatan dasar validitas konstrak adalah mengakses sejauh mana test yang dimaksud mengukur sebuah konstrak teoritis atau ciri-sifat. Asesmen ini melibatkan 3 langkah umum, yaitu : pertama, konstruktor tes harus melakukan analisis yang diteliti terhadap cirri-ciri sifat yang diukur. Kedua, mempertimbangkan bagaimana hubungan sifat-ciri itu dengan variabel lain. Ketiga, perancang tes perlu menguji dulu apakah hubungan-hubungan dihipotesiskan benar-benar ada (Foster & Cone, 1995, dikutip oleh Groth-Marnat, 2009).

Analisis faktor sangat relevan untuk validasi konstak karena dapat dipakai untuk mengidentifikasi dan mengakses kekuatan relative berbagai ciri-sifat psikologis yang berbeda. Analisis faktor juga dapat dipakai dalam merancang tes untuk mengidentifikasi faktor atau faktor-faktor primer melalui serangkaian test yang berbeda. Dengan demikian, analisis faktor dapat digunakan untuk menyederhanakan sebuah tes atau lebih dengan mengurangi jumlah kategori menjadi beberapa faktor atau beberapa ciri-sifat saja.

Berikut ini akan dilakukan uji validitas pada sebuah instumen pengukur gaya kepemimpinan transformasional yang terdiri dari Attributed charisma, Idealized influence dan Inspirational motivation. Total item yang digunakan adalah sebanyak 12 (masing-masing dimensi terdiri dari 4 item). Jumlah sampel uji adalah sebanyak 50 responden yang diambil secara acak dari kerangka sampel yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Download Document Lengkapnya

Download via academia.edu

 

 

 

5 thoughts on “Tutorial Uji Validitas dan Reliabilitas dengan SPSS 15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab Pertanyaan *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose